Senin, 02 April 2018

Pengertian dan pemahaman pada Musik Skotlandia



#SELAMAT MALAM PARA KAWAN#
(Menyimak info sekitar Pengertian dan pemahaman
pada Musik Skotlandia)
_____________________________________________________












__________________

Kata Pengantar
__________________

Para kawan sekalian...!

Berikut info sekitar Pengertian dan pemahaman pada
Musik Skotlandia

...dan...

Selamat menyimak...!
_________________________________________________________

Sekilas info Pengertian dan pemahaman pada 
Musik Skotlandia 
_________________________________________________________









* Pemahaman Awal

Skotlandia secara internasional dikenal karena
musik tradisionalnya, yang tetap hidup sepanjang
abad ke-20 dan ke-21, ketika banyak bentuk tradisional
di seluruh dunia kehilangan popularitas untuk musik pop.

Terlepas dari emigrasi dan koneksi yang berkembang dengan
baik untuk musik yang diimpor dari seluruh Eropa dan
Amerika Serikat , musik Skotlandia telah menyimpan
banyak aspek tradisionalnya; memang, itu sendiri
mempengaruhi banyak bentuk musik.

Banyak orang luar mengasosiasikan musik rakyat Skotlandia
hampir seluruhnya dengan Great Highland Bagpipe , yang
telah lama memainkan peranan penting dalam musik Skotlandia.

Meskipun bentuk khusus bagpipe ini dikembangkan secara
eksklusif di Skotlandia , ini bukan satu-satunya bagpipe
Skotlandia.









Penyebutan paling awal dari bagpipe di Skotlandia berasal
dari abad ke-15 meskipun diyakini telah diperkenalkan ke
Inggris oleh tentara Romawi.

The pìob mhór , atau Great Highland Bagpipe, pada awalnya
terkait dengan keluarga pipa keturunan dan piper profesional
untuk berbagai kepala suku; kemudian, pipa diadopsi
untuk digunakan di tempat lain, termasuk marching militer.
Klan pemipaan termasuk Clan Henderson , MacArthurs ,
MacDonalds , McKays dan, terutama, MacCrimmon , yang
merupakan pemecah keturunan bagi Clan MacLeod .


* Musik awal

The harper di Monifeith Pictish Stone, 700 - 900 AD
Alat musik gesek telah dikenal di Skotlandia setidaknya
dari Zaman Besi . Bukti pertama dari lyres ditemukan pada
periode Yunani-Romawi di Isle of Skye (berasal dari 2300 SM),
menjadikannya alat musik petarung tertua di Eropa yang masih ada.

Bards , yang bertindak sebagai musisi, tetapi juga sebagai
penyair, pencerita, sejarawan, genealogis, dan pengacara,
mengandalkan tradisi lisan yang membentang kembali generasi,
ditemukan di Skotlandia serta Wales dan Irlandia.

Sering menyertai diri mereka sendiri di harpa , mereka juga
dapat dilihat dalam catatan pengadilan Skotlandia sepanjang
periode abad pertengahan.

Musik gereja Skotlandia dari Abad Pertengahan semakin
dipengaruhi oleh perkembangan benua, dengan tokoh-tokoh
seperti teoretikus musikal abad ke-13 Simon Tailler belajar
di Paris, sebelum kembali ke Skotlandia di mana dia
memperkenalkan beberapa reformasi musik gereja.

Koleksi musik Skotlandia seperti "Wolfenbüttel 677" abad
ke-13, yang dikaitkan dengan St Andrews , kebanyakan berisi
komposisi Perancis, tetapi dengan beberapa gaya lokal yang
khas.

Penawanan James I di Inggris dari 1406 hingga 1423, di mana
ia mendapatkan reputasi sebagai seorang penyair dan komposer,
mungkin telah membawanya untuk membawa gaya bahasa Inggris
dan benua dan musisi kembali ke pengadilan Skotlandia pada
pembebasannya.









Pada akhir abad ke-15 serangkaian musisi Skotlandia dilatih
di Belanda sebelum pulang ke rumah, termasuk John Broune,
Thomas Inglis dan John Fety, yang terakhir menjadi master
sekolah lagu di Aberdeen dan kemudian Edinburgh, memperkenalkan
yang baru teknik bermain organ lima jari.

Pada 1501 James IV mendirikan Chapel Royal di dalam Stirling
Castle , dengan paduan suara baru dan diperbesar dan menjadi
fokus musik liturgi Skotlandia. Pengaruh Burgundian dan Inggris
mungkin diperkuat ketika putri Henry VII Margaret Tudor
menikahi James IV pada 1503.

James V (1512–42) adalah pelindung utama musik. Seorang pemain
kecapi berbakat, ia memperkenalkan chanson dan permaisuri
Perancis ke pengadilannya dan menjadi pelindung para
penggubah seperti David Peebles (c. 1510–1579?).


* Musik rakyat

Detail dari The Highland Wedding oleh David Allan , 1780
Ada bukti bahwa ada budaya yang berkembang dari musik populer
di Skotlandia selama Abad Pertengahan akhir, tetapi satu-satunya
lagu dengan melodi untuk bertahan dari periode ini adalah
"Pleugh Song".

Setelah Reformasi , tradisi musik populer yang sekuler terus
berlanjut, meskipun ada upaya oleh kirk , terutama di Dataran
Rendah, untuk menekan tarian dan acara seperti pernikahan sen .

Periode ini melihat penciptaan ceòl mór (musik besar) dari
bagpipe, yang mencerminkan asal-usul bela diri, dengan
pertempuran-lagu, pawai, pertemuan, hormat dan keluh kesah.

The Highlands awal abad ketujuh belas melihat perkembangan
keluarga pipa termasuk MacCrimmonds , MacArthurs, MacGregors
dan Mackays of Gairloch .

Ada juga bukti adopsi biola di Dataran Tinggi dengan Martin
Martin mencatat dalam A Description of Western Isles of
Scotland (1703) bahwa ia mengetahui 18 pemain dalam Lewis
saja.









Musisi terkenal termasuk Pattie Birnie dan piper Habbie
Simpson . Tradisi ini berlanjut sampai abad kesembilan belas,
dengan tokoh-tokoh besar seperti pemain biola Neil dan
putranya, Nathaniel Gow . [18] Ada bukti balada dari
periode ini. Beberapa mungkin tanggal kembali ke era
Abad Pertengahan akhir dan berurusan dengan peristiwa
dan orang-orang yang dapat ditelusuri kembali sejauh
abad ketiga belas. [19] Mereka tetap tradisi lisan sampai
mereka dikumpulkan sebagai lagu-lagu rakyat di abad
kedelapan belas.
____________

Penutup
____________

Demikian infonya para kawan sekalian...!

...dan...

Selamat malam...!
_______________________________________________________
Cat :
Wikipedia
Highland Cathedral_youtube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar